Setelah kemarin Sabrina bereksplorasi dengan air, hari ini Sabrina bereksplorasi menggunakan kacang ijo. Biasanya saya pribadi menggunakan media yang ada di rumah untuk bermain Sabrina. Termasuk kacang ijo ini. Jadi, sebelum dimasak, seringkali saya "membolehkan" Sabrina untuk bereksplorasi dengan bahan-bahan ini. Entah menuang, menyendok, mencuci, dll.
Hari ini bunda masih mengenalkan tentang konsep besar dan kecil, serta konsep "kosong" dan "penuh". Seperti biasa, saya menyediakan nampan dan botol-botol kaca berbeda ukuran, sendok dan centong. Tanpa diberi intruksi Sabrina langsung menuang kacang ijo dengan alat tersebut.
Pertama Sabrina memindahkan kacang ijo dengan sendok kecil, lalu dengan centong, dan terakhir menuang langsung antar botol. Sepertinya urutannya selalu demikian 😂. Berkali-kali botol kaca diisi penuh kacang ijo lalu dikosongkan kembali. Hal tersebut menjadi momen yang pas bagi saya untuk mengenalkan konsep matematika sederhana.
"Na, coba mana botol yang kosong?". Awalnya Sabrina belum paham dengan pertanyaan tersebut. Lalu dari aktivitas yang dilakukan Sabrina berulang kali, saya coba menjelaskan. "Coba lihat Na, ini botolnya kosong, Kalau kosong itu gak ada isinya!". Kemudian saat kacang ijo diisi ke dalam botol saya coba jelaskan kembali "Kalau sekarang botolnya udah ada isinya ya". "Oh iya ya, kacang ijo nya penuh" celoteh Sabrina sambil menunjuk botol yang sudah diisi kacang ijo.
Selama bereksplorasi Sabrina terlihat sudah lebih telaten saat menuang. Motorik halusnya semakin terlatih. Beberapa kali secara berulang menyendok kacang ijo dengan sendok dan centong tanpa ada yang tumpah. Tapi, ketika ada yang tumpah, tangan mungilnya dengan telaten memungut kacang ijo. Aktivitas sederhana yang selalu bisa membuat Sabrina tertawa :).
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day6
Hari ini bunda masih mengenalkan tentang konsep besar dan kecil, serta konsep "kosong" dan "penuh". Seperti biasa, saya menyediakan nampan dan botol-botol kaca berbeda ukuran, sendok dan centong. Tanpa diberi intruksi Sabrina langsung menuang kacang ijo dengan alat tersebut.
Pertama Sabrina memindahkan kacang ijo dengan sendok kecil, lalu dengan centong, dan terakhir menuang langsung antar botol. Sepertinya urutannya selalu demikian 😂. Berkali-kali botol kaca diisi penuh kacang ijo lalu dikosongkan kembali. Hal tersebut menjadi momen yang pas bagi saya untuk mengenalkan konsep matematika sederhana.
"Na, coba mana botol yang kosong?". Awalnya Sabrina belum paham dengan pertanyaan tersebut. Lalu dari aktivitas yang dilakukan Sabrina berulang kali, saya coba menjelaskan. "Coba lihat Na, ini botolnya kosong, Kalau kosong itu gak ada isinya!". Kemudian saat kacang ijo diisi ke dalam botol saya coba jelaskan kembali "Kalau sekarang botolnya udah ada isinya ya". "Oh iya ya, kacang ijo nya penuh" celoteh Sabrina sambil menunjuk botol yang sudah diisi kacang ijo.
Selama bereksplorasi Sabrina terlihat sudah lebih telaten saat menuang. Motorik halusnya semakin terlatih. Beberapa kali secara berulang menyendok kacang ijo dengan sendok dan centong tanpa ada yang tumpah. Tapi, ketika ada yang tumpah, tangan mungilnya dengan telaten memungut kacang ijo. Aktivitas sederhana yang selalu bisa membuat Sabrina tertawa :).
"Aktivitas yang seringkali orang dewasa anggap "sepele" bisa jadi begitu menantang jika dilakukan oleh anak-anak. Maka, berilah apresiasi atas pencapaian sekecil apapun yang dilakukan oleh anak-anak kita"
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day6
Comments
Post a Comment