Alhamdulillah tak terasa sudah seminggu saya menemani Sabrina untuk mengenal matematika dalam keseharian kami. Setelah beberapa hari sebelumnya stimulasi yang diberikan selalu membuat Sabrina berbinar, penuh semangat dan membuatnya "anteng" bermain, tapi tidak dengan hari ini.
Sebenarnya ini bukan pertama kali mainan DIY buatan bunda "gak laku" untuk dieksplorasi Sabrina 😂. Meskipun terkadang itu yang jadi alasan bunda males bikin mainan lagi, hehee...Tapi, sebenarnya dari pelajaran nyata seperti ini membuat bunda banyak mengevaluasi untuk lebih memahami gaya belajar dan stimulasi yang tepat untuk Sabrina, plus menyiapkan stok sabar yang lebih lagi.
Jadi, hari ini saya membuat "DIY Number Rods" yang merupakan salah satu alat peraga yang biasa digunakan dalam kurikulum montessori untuk pengenalan matematika. Ya, meskipun saya hanya menggunakan bahan yang ada di rumah, yaitu kardus bekas dan kertas warna. Sabrina mendampingi saya selama proses pembuatan DIY ini. Seperti biasa Sabrina senang membantu memberi lem dan menempel.
Saat pertama kali saya sodorkan "DIY Number Rods" ini, saya coba jelaskan tentang cara menggunakannya. Jadi, alat peraga ini membantu anak untuk memahami angka 1-10 dengan konkrit kuantitasnya. Hal tersebut ditunjukkan dengan tongkat yang semakin tinggi menunjukkan semakin besar kuantitasnya.
Saya sebenarnya coba-coba saja kira-kira Sabrina sudah siap dan tertarik belum diberi stimulasi ini. Ternyata belum siap dan belum tertarik. Terbukti saat saya coba jelaskan, Sabrina malah fokus memainkan tongkat tersebut di luar intruksi. Bukan menyusunnya dari yang paling pendek, tapi memainkannya sesuai imajinasinya.
Saat saya coba bertanya "Sabrina memang bikin apa sih?", "Bikin rumah" sahutnya. Saya coba cari pendekatan yang sesuai dengan daya tangkap Sabrina, "Na, mana yang pendek?Mana yang tinggi?". Ternyata Sabrina mampu menunjukkan, tapi memang belum bisa menyusunnya sesuai urutan.
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day7
Sebenarnya ini bukan pertama kali mainan DIY buatan bunda "gak laku" untuk dieksplorasi Sabrina 😂. Meskipun terkadang itu yang jadi alasan bunda males bikin mainan lagi, hehee...Tapi, sebenarnya dari pelajaran nyata seperti ini membuat bunda banyak mengevaluasi untuk lebih memahami gaya belajar dan stimulasi yang tepat untuk Sabrina, plus menyiapkan stok sabar yang lebih lagi.
Jadi, hari ini saya membuat "DIY Number Rods" yang merupakan salah satu alat peraga yang biasa digunakan dalam kurikulum montessori untuk pengenalan matematika. Ya, meskipun saya hanya menggunakan bahan yang ada di rumah, yaitu kardus bekas dan kertas warna. Sabrina mendampingi saya selama proses pembuatan DIY ini. Seperti biasa Sabrina senang membantu memberi lem dan menempel.
Saat pertama kali saya sodorkan "DIY Number Rods" ini, saya coba jelaskan tentang cara menggunakannya. Jadi, alat peraga ini membantu anak untuk memahami angka 1-10 dengan konkrit kuantitasnya. Hal tersebut ditunjukkan dengan tongkat yang semakin tinggi menunjukkan semakin besar kuantitasnya.
[Cara menyusun Number Rods]
Saat saya coba bertanya "Sabrina memang bikin apa sih?", "Bikin rumah" sahutnya. Saya coba cari pendekatan yang sesuai dengan daya tangkap Sabrina, "Na, mana yang pendek?Mana yang tinggi?". Ternyata Sabrina mampu menunjukkan, tapi memang belum bisa menyusunnya sesuai urutan.
"Sebelum mengajarkan sesuatu kepada anak, coba pastikan bahwa anak siap untuk menerima pelajaran yang diberikan. Karena belajar bukan sekedar menghafal tapi bagaimana memahami dan mengamalkan"
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day7
Comments
Post a Comment