Pagi ini Sabrina ikut Bunda ke pasar. Dan seperti biasa, Sabrina selalu kegirangan. Kata-kata yang selalu melekat di pikirannya sejak setahun yang lalu adalah "Ke pasar mau beli sayur!", heheee...Entahlah apa alasan di balik melekatnya kata-kata "sayur" jika kami hendak pergi ke pasar. Tapi kini, semakin bertambah usia dan kosakatanya, Sabrina semakin bisa menguraikan tentang aktivitas yang dilakukannya.
"Na, hari ini kita mau ke pasar, kita mau beli apa ya?", Saya mencoba bertanya. "Hmm..beli sayur!", "Sayur apa?", "Sayur ayam" 😂. "Ooh, sayur bayam ya", "Iya" ujarnya. "Terus mau beli apa lagi?", "Beli ikan, bawang,hmmm.." lalu gadis kecil ini berpikir. Pemandangan yang lucu di pagi hari saat berbincang bersama Sabrina.
Banyak aha momen yang saya rekam saat kami di pasar, tapi sayangnya karena saya tidak membawa hp, jadi tidak bisa didokumentasikan. Saat hendak berangkat ke pasar Sabrina sudah menenteng uang 2 ribu dari ayahnya. Meskipun tentu Sabrina belum tau nominalnya. Tapi alhamdulillah dia sudah tau fungsi uang sebagai alat transaksi. Jadi, kalau mau belanja hal utama yang Sabrina tau adalah harus bawa uang.
Sepanjang perjalanan, saya coba menstimulasi hal-hal yang muncul dari rasa ingin tau Sabrina. Misal, "Bunda ini ikan apa?", "Ini ikan bawal" saya coba menjelaskan. "Coba Sabrina hitung ada berapa ikannya?". Tangan mungilnya mencoba menunjuk setiap ikan dan berakhir dengan pengucapan yang berulang karena jumlahnya yang semakin banyak, sedangkan Sabrina belum bisa menghitung sampai puluhan.
Saat di rumah, hampir sebagian besar aktivitas saya selalu bersama Sabrina, termasuk saat di dapur. Maka, aktivitas membersihkan ikan pun ditemani Sabrina. Ya, gadis kecil ini begitu antusias mencoba bertanya setiap bagian ikan, memegang, hingga mengikuti apa yang saya lakukan. Mulai dari menyiram air hingga memindahkan ke wadah.
Akhirnya saya sempat mendokumentasikan saat Sabrina dengan penuh semangat memindahkan ikan yang sudah dicuci bersih ke wadahnya masing-masing. Sambil saya coba tanya berapa jumlah ikannya, ikan apa namanya, dan minta untuk diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Artinya ikan yang sama ditempatkan di wadah yang sama juga.
Dari dalam dapur Sabrina kembali belajar tentang banyak hal. Mulai dari belajar mengelompokkan, belajar berhitung, belajar mengidentifikasi dan mengenal ukuran. Karena ukuran dan bentuk ikan lele tentu berbeda dengan ikan bawal. Hari yang menyenangkan saat bisa melakukan aktivitas bersama Sabrina :)
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day2
"Na, hari ini kita mau ke pasar, kita mau beli apa ya?", Saya mencoba bertanya. "Hmm..beli sayur!", "Sayur apa?", "Sayur ayam" 😂. "Ooh, sayur bayam ya", "Iya" ujarnya. "Terus mau beli apa lagi?", "Beli ikan, bawang,hmmm.." lalu gadis kecil ini berpikir. Pemandangan yang lucu di pagi hari saat berbincang bersama Sabrina.
Banyak aha momen yang saya rekam saat kami di pasar, tapi sayangnya karena saya tidak membawa hp, jadi tidak bisa didokumentasikan. Saat hendak berangkat ke pasar Sabrina sudah menenteng uang 2 ribu dari ayahnya. Meskipun tentu Sabrina belum tau nominalnya. Tapi alhamdulillah dia sudah tau fungsi uang sebagai alat transaksi. Jadi, kalau mau belanja hal utama yang Sabrina tau adalah harus bawa uang.
Sepanjang perjalanan, saya coba menstimulasi hal-hal yang muncul dari rasa ingin tau Sabrina. Misal, "Bunda ini ikan apa?", "Ini ikan bawal" saya coba menjelaskan. "Coba Sabrina hitung ada berapa ikannya?". Tangan mungilnya mencoba menunjuk setiap ikan dan berakhir dengan pengucapan yang berulang karena jumlahnya yang semakin banyak, sedangkan Sabrina belum bisa menghitung sampai puluhan.
Saat di rumah, hampir sebagian besar aktivitas saya selalu bersama Sabrina, termasuk saat di dapur. Maka, aktivitas membersihkan ikan pun ditemani Sabrina. Ya, gadis kecil ini begitu antusias mencoba bertanya setiap bagian ikan, memegang, hingga mengikuti apa yang saya lakukan. Mulai dari menyiram air hingga memindahkan ke wadah.
Akhirnya saya sempat mendokumentasikan saat Sabrina dengan penuh semangat memindahkan ikan yang sudah dicuci bersih ke wadahnya masing-masing. Sambil saya coba tanya berapa jumlah ikannya, ikan apa namanya, dan minta untuk diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Artinya ikan yang sama ditempatkan di wadah yang sama juga.
Sabrina sedang menghitung dan mengklasfikasikan ikan
Dari dalam dapur Sabrina kembali belajar tentang banyak hal. Mulai dari belajar mengelompokkan, belajar berhitung, belajar mengidentifikasi dan mengenal ukuran. Karena ukuran dan bentuk ikan lele tentu berbeda dengan ikan bawal. Hari yang menyenangkan saat bisa melakukan aktivitas bersama Sabrina :)
"Jika kita menemukan banyak anak yang enggan ke dapur. Mungkinkah karena kita yang tak pernah mengajak dan memberi kesempatan kepada anak untuk bermain dan belajar di dapur?"
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day2
Comments
Post a Comment