Sebagai seorang ibu, hal yang paling "menantang" adalah bagaimana agar anak tertarik dengan stimulasi yang kita siapkan hingga akhirnya anak mau belajar hal baru. Nah, sebelum masuk ke fase "belajar" atau memberi penjelasan dan pemahaman lebih mendalam, justru yang paling penting adalah bagaimana menarik minat anak, agar setidaknya dia mau mendengarkan, memperhatikan dan fokus. Tentu ini bukan hal yang mudahkan? Apalagi bagi anak balita 😂.
Dari pengalaman membersamai Sabrina beraktivitas, maka saya mendapat beberapa pembelajaran penting, salah satunya tentang menarik minat belajar. Jadi, jangan harap Sabrina mau mendengarkan kalau apa yang saya tawarkan tidak menarik hatinya. Tapi, lain halnya dengan sesuatu yang kadang spontan, tapi ternyata bisa menarik hatinya, membuat matanya berbinar, hingga akhirnya tanpa disuruh Sabrina mau mendekat, mengajukan pertanyaan hingga akhirnya terlibat langsung. Tanpa sadar, tanpa direncanakan, Sabrina belajar banyak hal dengan cara seperti itu.
Nah, seperti hari ini, tiba-tiba muncul ide spontan saat saya hendak memotong semangka. Aha!! Saya coba memotong semangka dengan berbagai bentuk geometris, mulai dari lingkaran, segitiga, persegi, dll. "Nak, sini deh lihat, bunda lagi bikin apa?". Pertanyaan khas sekaligus ajakan "halus" untuk menarik minat Sabrina. Ternyata tak berapa lama gadis kecil ini mendekat, mulut kecilnya mulai bertanya dan matanya mulai berbinar. "Wah, ada lingkaran!" ujarnya. "Iya Nak, ayo kita bikin bentuk yang lain!". Tangan mungilnya mulai ingin terlibat, meskipun beberapa kali semangka yang sudah dibetuk, malah masuk ke mulut Sabrina, sebelum saya menjelaskan 😂.
Oke, akhirnya aktivitas memotong semangka, secara spontan telah berubah menjadi aktivitas mengenalkan bentuk. Sebelumnya Sabrina memang sudah familiar dengan beberapa bentuk seperti oval, lingkaran, dan bintang. Sayangnya bunda agak kesulitan membentuk gambar bintang dari semangka😂. Jadi, kami mereview bersama bentuk-bentuk geometris dari buah semangka.
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day9
Dari pengalaman membersamai Sabrina beraktivitas, maka saya mendapat beberapa pembelajaran penting, salah satunya tentang menarik minat belajar. Jadi, jangan harap Sabrina mau mendengarkan kalau apa yang saya tawarkan tidak menarik hatinya. Tapi, lain halnya dengan sesuatu yang kadang spontan, tapi ternyata bisa menarik hatinya, membuat matanya berbinar, hingga akhirnya tanpa disuruh Sabrina mau mendekat, mengajukan pertanyaan hingga akhirnya terlibat langsung. Tanpa sadar, tanpa direncanakan, Sabrina belajar banyak hal dengan cara seperti itu.
Nah, seperti hari ini, tiba-tiba muncul ide spontan saat saya hendak memotong semangka. Aha!! Saya coba memotong semangka dengan berbagai bentuk geometris, mulai dari lingkaran, segitiga, persegi, dll. "Nak, sini deh lihat, bunda lagi bikin apa?". Pertanyaan khas sekaligus ajakan "halus" untuk menarik minat Sabrina. Ternyata tak berapa lama gadis kecil ini mendekat, mulut kecilnya mulai bertanya dan matanya mulai berbinar. "Wah, ada lingkaran!" ujarnya. "Iya Nak, ayo kita bikin bentuk yang lain!". Tangan mungilnya mulai ingin terlibat, meskipun beberapa kali semangka yang sudah dibetuk, malah masuk ke mulut Sabrina, sebelum saya menjelaskan 😂.
Oke, akhirnya aktivitas memotong semangka, secara spontan telah berubah menjadi aktivitas mengenalkan bentuk. Sebelumnya Sabrina memang sudah familiar dengan beberapa bentuk seperti oval, lingkaran, dan bintang. Sayangnya bunda agak kesulitan membentuk gambar bintang dari semangka😂. Jadi, kami mereview bersama bentuk-bentuk geometris dari buah semangka.
"Mengajarkan seuatu yang dianggap sulit bagi anak bisa dimulai dengan mengeksplorasi sesuatu yang dekat dengan keseharian kita"
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day9
Comments
Post a Comment